manfaat Blackberry

5 02 2012

Apa itu BlackBerry®? Bukannya sejenis buah ya. Hihihi emang bener blackberry itu buah yang serumpun dengan strawberry. Tapi yang akan saya bahas disini bukan blackberry buah, melainkan device smartphone BlackBerry®.

Mungkin sebagian dari kamu-kamu nih sudah pernah mendengar atau bahkan sebagai pemakai BlackBerry® Untuk yang belum tahu apa itu BlackBerry®, saya akan mencoba menjelaskan sedikit dan bagaimana saya merasakan manfaatnya memakai smartphone BlackBerry® ini.

BlackBerry® adalah buatan perusahaan Canada, RIM (Research In Motion). BlackBerry® pada dasarnya merupakan smartphone yang bisa menjalankan fungsi seperti handphone lain seperti telepon dan SMS, yang membedakannya adalah Operating System (OS) yang berjalan pada handheld BlackBerry®yaitu OS berbasis Java buatan RIM.

Sekarang ada beberapa varian seri handheld BlackBerry®. Yaitu seri Pearl (8100, 8200,9150), seri Curve (8300, 8310, 8320,8520,9300) , seri Electron (8700), seri Huron (8800), seri Bold (9000)(9700,9780,9900,9900), seri Storm (touch screen), seri curve Javelin (8900),

Lalu apa kelebihannya dibanding dengan smartphone lain?

Penggunaan handheld BlackBerry® ini baru akan terasa kelebihannya jika kita berlangganan servis BlackBerry® pada provider (sekarang baru tiga provider yang menyediakan servis BlackBerry® yaitu Telkomsel, XL, Indosat). Jika tannpa berlangganan servis BlackBerry®, tentu akan terasa sebagai handphone biasa yang bikin pusing, karena menunya tidak sefamiliar handphone dengan OS Symbian misalnya (merk N*kia). Namun jika layanan BlackBerry® sudah diaktifkan, maka BlackBerry® akan menjadi Killer Device untuk ber-internet ria, terutama push emailnya.

Sebenarnya BlackBerry® ditujukan lebih kepada Corporate Users pada awalnya, yaitu pegawai kantoran untuk menunjang aktivitas pekerjaan dan disaat bersamaan tidak kehilangan info penting tentang perusahaan karena agenda/jadwal penting perusahaan, file, dan email yang masuk ke komputer mereka di kantor akan terkoneksi dengan handheld BlackBerry® mereka.

Tapi belakangan dengan bergesernya trend dan semakin banyak orang yang menggunakan internet, maka handheld BlackBerry® pun bisa digunakan oleh orang “biasa”. Bahkan para ibu rumah tangga sekalipun kayak saya ini!

Sebagai informasi aja, perkembangan BlackBerry® di tanah air ini sungguh pesat! pengguna BlackBerry® di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia🙂

Kalau kamu berpikir, untuk apa sih email masuk ke hp kita? Pake pda atau hp  berbasis symbian juga bisa pun bisa kok, baca email. Well, bedanya adalah, jika pada smartphone lain untuk menarik email ke inbox hp kita harus dilakukan secara manual (PULL Technology) atau dengan menginstall software tambahan. Sedangkan pada handheld BlackBerry®, email masuk ke inbox hp layaknya kita menerima SMS biasa aja,  di handheld BlackBerry® ini namanya menggunakan teknologi PUSH email. Dan email yang masuk ke dalam device BlackBerry® kita otomatis terkompress (dikecilkan filenya) sehingga tidak akan memakan memory handheld.

Enough dengan penjelasan teknisnya😀

Trus apa manfaat yang dirasakan dengan memakai Blackberry?

Saya sebagai ibu rumah tangga, yang melek internet, juga sebagai pelaku internet marketer dan juga menjalankan bisnis networking, sangat terbantu dengan smartphone yang satu ini.

7 manfaat yang saya pribadi rasakan:

  1. Selalu connect dengan internet 24 jam
  2. Bisa chatting dengan berbagai macam aplikasi messenger, seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger, Gtalk, dan BlackBerry® Messenger (khusus sesama pengguna BlackBerry®). Semuanya dalam tampilan sama seperti layaknya kita chatting di computer biasa. Hal ini sangat memudahkan saya untuk selalu bisa berkomunikasi dengan teman-teman, orang-orang yang berada di networking saya, dan juga keluarga.
  3. Bisa mem-push 10 account email ke dalam handheld BlackBerry® kita. Jadi, begitu seseorang mengirim email kepada kita, akan langsung ter-push ke handheld BlackBerry® kita sama seperti SMS, dan kita pun bisa langsung membalas email tersebut sebagaimana kita membalas SMS seperti biasa. Dengan begini, kita tidak akan kehilangan berita penting. Dan ini membantu saya untuk selalu up -to -date dengan networking saya.
  4. Dari sisi entertainment, handheld BlackBerry® yang saya gunakan, yaitu Curve Javelin™ 8900 termasuk lengkap. Karena sudah ada kamera 3.2 mp (yang hasilnya bagus banget), dan mp3 player. Sehingga saya tidak perlu lagi menggunakan hp lain untuk menikmati mp3 player ataupun membawa kamera digital. Dan selain itu juga sudah ada aplikasi Voice Recorder, dan Video Recorder. Jadi, kadang saya suka merekam suara anak-anak saya kalau lagi nyanyi, atau merekam suara pembicara dalam suatu acara motivasi. Juga bisa mengupload foto ke internet (seperti Facebook, flickr, myspace) secara real time tanpa memakan pulsa. Juga kelebihan Javelin™ ini adalah memorynya yang besar, sehingga bisa memuat banyak aplikasi tambahan tanpa harus nge-lag/hang. Ohya, Javelin™ juga sudah dilengkapi dengan GPS Navigation (walaupun belum begitu perlu)
  5. Browsing internet dengan mudah dan cepat tanpa khawatir terpotong pulsa GPRS.
  6. Bisa mengedit file office seperti word, excel, slideshow ataupun pdf. Sehingga di perjalanan pun bisa menulis artikel, mencatat perkembangan anak, daftar belanja atau pun file-file office penting lainnya. (Aplikasi ini harus didownload)
  7. Pada intinya, handheld BlackBerry® sama seperti kita membawa komputer kita kemana-mana. Dan kapasitas memory card pun besar sehingga bisa menyimpan berbagai macam foto keluarga, teman, dan lagu favorit. Kalo ada yang mau nambahin, silahkan add comment di postingan ini🙂

Sekarang membicarakan soal harga. Berapa harga handheld BlackBerry® ini? Berkisar antara 1 juta – 5 juta tergantung tipenya. Sebagai contoh untuk harga Curve 8520 sekitar 41.8 juta, Bold 9900 5 juta, dan Javelinn 2 juta (menurut harga ketika post ini dibuat, bisa turun bisa naik).

Berapa biaya langganan servis BlackBerry®? Antara 45ribu-100ribu  tergantung provider yang dipakai. Kalau Indosat Mentari, ada layanan BlackBerry® On Demand (BOD) mingguan 50 ribu, dan XL  One dengan layanan harian BOD 5 ribu per hari. Sedangkan Telkomsel Simpati mengenakan biaya langganan Rp 180.000/bulan nya.

Dengan berlangganan servis BlackBerry® ini, sudah termasuk chatting, browsing, push email, dan aplikasi lainnya yg menggunakan koneksi internet. Tentu saja diluar biaya SMS dan telpon.

Bagi kamu-kamu yang suka mobile internet menggunakan hp biasa, akan terasa lebih murah menggunakan BlackBerry® karena tidak makan pulsa. Lain dengan hp biasa yang koneksi GPRSnya dihitung per kb dan memotong pulsa kita.

Tapi, semua tergantung budget dan pilihan kamu sih….😉

Jika kamu adalah:

1. Pelaku bisnis online di internet (punya toko online, internet marketing, dsb)

2. Senang chatting, browsing atau nge blog

3. Sangat mementingkan fungsi dan fisik dari hp

4. Senang merekam kegiatan visual, baik suara, video, ataupun foto

5. Senang berkomunikasi via email

6. Merupakan salah satu anggota aktif di milis tertentu

7. Lumayan mobile

8. Senang dengan hi-tech gadget


Maka mungkin sudah saatnya kamu berpikir untuk mencoba menggunakan handheld BlackBerry®🙂

Tapi untuk membeli BlackBerry® memang gak bisa di sembarang toko seperti membeli hp GSM lainnya. Di pasaran sekarang ada 3 jenis yang beredar, yaitu yang garansi resmi dari provider (Telkomsel, XL, dan Inodsat), garansi toko/distributor, dan non-garansi (black market, barang dari luar negeri yang dijual di Indonesia).

1. Garansi resmi provider: dibeli langsung di provider, biasanya mereka menyediakan fasilitas cicilan 12 bulan sudah termasuk layanan Blackberry selama 1 thn. Seperti contoh: tipe Curve 8320 di Telkomsel bisa dicicil 600 rb/bulan.

2. Garansi distributor: barang dari luar negeri tapi digaransi oleh distributor/toko yang menjual. Ada beberapa distributor di Indonesia yang menggaransi yaitu ACS, Bless, Qtel, dll.

3. Non-garansi: dibeli dari perorangan dan non-garansi. Untuk jenis ini kita harus hati-hati, belilah dari penjual terpercaya. Ini berkaitan dengan handheld Blackberry nya sendiri, apakah PIN nya suspended atau pun nyangkut. Kalau hanya sekedar “nyangkut” di provider tertentu masih bisa kita minta release, tapi kalau PIN sudah suspended, artinya sama aja beli barang mati karena handheld yang pin suspended hanya bisa dipakai telepon/sms tapi gak bisa pakai layanan BlackBerry® nya. Sayang banget kan? Yang paling parah adalah kalo dapet handheld BlackBerry® dengan PIN kloningan (biasanya PIN berawalan 6 atau 7), begitu kita tes ditempat jalan semua fungsinya, tapi paling lama 1 bulan sudah gak bisa lagi karena terdeteksi oleh RIM dan handheld anda pun akan tersuspend! Kalo udah tersuspended gini, gak bisa diapa-apain lagi hiks…paling bisa telpon dan sms doang😦

Ada lagi istilah barang BNIB (Brand New In Box), 14 days, second, refurbish.

1. BNIB: ini barang baru yang benar-benar baru (tapi banyak juga barang refurbish dibilang BNIB, menurut saya BNIB hanya bisa didapatkan di provider resmi)

2. 14 days: banyak yang mengira kalo istilah 14 days ini adalah barang baru bergaransi hanya 14 hari! Well, it’s not! Jadi, kalo di luar negeri memang ada kebijakan, kalo kita gak puas dengan barang yang kita beli, entah itu sepatu, baju atau handphone, selama belum 14 hari sejak tanggal pembelian, bisa dikembalikan! Barang ini juga gak berarti rusak. Biasanya, diretur oleh pembeli karena si pembeli merasa salah beli, atau gak cocok. Kebijakan ini emang gak ada di Indonesia. Bayangin aja kalo ada, pasti deh….dimanfaatin untuk tiap 2 minggu sekali ganti hape hahahaha….atau ganti baju baru ;p

Jadi barang 14 days ini merupakan barang baru yang diretur ke provider di luar negeri sebelum 14 hari,  bagaimana taunya? bisa dicek di voice dan data usage pada handheld tsb. Kalau kurang dari 200 kb atau kurang dari 60 menit, biasanya memang barang 14 days.

3. Second: handheld ini memang benar-benar sudah pernah dipakai oleh orang lain minimal lebih dari 2 minggu.

4. Refurbish: barang second diperbarui kembali. Agak tricky mengenali barang refurbish ini. Sangat tidak recommended untuk dibeli. Karena bisa saja timbul masalah dikemudian hari, seperti hardware/software yang bermasalah, atau PIN yang tiba-tiba kena suspended.

Apapun istilahnya, kamu harus tetap waspada dalam membeli BlackBerry®. Mintalah saran kepada orang yang sudah mengerti atau belilah langsung di provider resmi agar terhindar dari masalah. Jangan tertipu oleh iming-iming harga miring. Belilah selalu pada Trusted Seller!

Kalau sudah memiliki smartphone BlackBerry® ini, pastikan kamu mengerti cara menggunakannya! this is no ordinary handphone ya….pastikan semua fungsi dan fasilitas yang ditawarkan BlackBerry® sudah kamu nikmati dengan baik🙂 Dengan mengupgrade software juga menginstall 3rd party applications, maka kamu pun akan sangat-sangat menyukai menggunakan BlackBerry® ini.

Bahkan, sampe gak mau ke lain hati alias males ganti-ganti smartphone merk lain hehehe!…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: